Label

Jumat, 12 Agustus 2016

Urutan Memakai MakeUp


Sebenarnya tata urutan ber-makeup itu relatif, tidak ada aturan baku. Tergantung kebiasaan, kebutuhan, dan faktor2 lainnya.
Tetapi kalo ada yang suka bingung dan bertanya urutan2 dalam ber-makeup, atau kamu pemula dalam ber-makeup, mudah2an artikel ini bisa membantu kamu yaa..

1. Cleansing

Yang pertama sebelum segala2nya dilukis, bersihkan dulu wajahmu. Pilihannya bisa dengan Milk Cleanser dan Toner, atau sabun pembersih wajah, atau micellar water yang sekarang ini sedang trend. Sesuaikan juga pembersih wajahmu dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Apakah kulit kamu kering, normal, berminyak, kombinasi, berjerawat atau sensitif. Banyak produk yang beredar dipasaran, banyak merek, varian, dan lainnya. Kamu bisa sesuaikan dengan jenis kulitmu.
Hal ini penting dilakukan. Karena dikulit yang bersih, makeup akan lebih bertahan lama.

2. Moisturizer dan Primer

Pelembab juga perlu disesuaikan dengan jenis kulitmu. Jadi gunakanlah pelembab yang sesuai. Usahakan Pelembabmu mengandung SPF, jadi kamu gak perlu lagi menggunakan sunblock diwajah setelah memakai Moisturizer. Supaya tidak terlalu banyak lapisan produk di kulitmu. Oleskan Pelembab di wajahmu dan biarkan beberapa saat agar meresap sempurna. 
Primer juga penting untuk digunakan, karena ini akan membuat alas bedak bertahan lama juga menahan minyak diwajah.Terutama bila kamu memerlukan makeup yang bertahan berjam2. Gunakan Primer setelah Pelembab. Bila kamu suka makeup yang ringan, kamu bisa memilih salah satu antara Pelembab dan Primer. Jadi tak harus digunakan keduanya. Sesuaikan dengan kebutuhan makeup kamu.
Kalo kamu perlu menggunakan toner wajah, essence atau serum, gunakan sebelum memakai pelembab

3. Foundation/ BB Cream/ CC Cream/ DD Cream/ Cushion

Step berikutnya adalah alas bedak. Ini ibarat menyiapkan kanvas wajahmu sebelum melukis. Sekarang ini alas bedak banyak macamnya di pasaran. Ada BB Cream, CC Cream, DD Cream, Foundation, Tinted Moisturizer, ada yang berbentuk bubuk, liquid, cream, gel, stick, cushion,dll. Alhasil bikin para Ladies kebingungan sendiri (termasuk saya ^^) Alas bedak gunanya untuk mengcoverage wajah. Tetapi kandungan2 didalam produk dipasaran tidak hanya untuk mengcoverage saja selayaknya Foundation, tetapi ada yang didalamnya terdapat kandungan moisturizernya, skincare nya, SPF nya, dll. Karenanya tingkat coveragenya juga beragam. Jadi sesuaikan juga dengan kebutuhanmu. Apakah kamu perlu alas bedak yang light/medium/full coverage, Matte atau Dewy Finished.
Produk seperti BB, CC, DD Cream, Tinted Moisturizer, dan Cushion mengandung moisturizer didalamnya, bila kamu menginginkan makeup ringan atau natural, kamu bisa skip penggunaan Pelembab atau Primer sebelumnya. Bahkan produk seperti CC Cream bisa digunakan sebagai primer

4. Concealer & Correcting

Concealer dan correcting fungsinya menutup noda2 diwajah. Alas bedak tidak menjamin seluruh warna di permukaan wajah kamu menjadi rata. Tergantung coverage produknya. Bila setelah menggunakan alas bedak kamu masih menemukan noda2 bekas jerawat, warna kulit yang tidak sama, mata panda, itulah saatnya concealer/correcting beraksi. Correcting lebih banyak varian warnanya seperti ungu/pink untuk menutup warna kulit yg kusam atau kehitaman, hijau untuk enutup warna kemerahan atau jerawat yg memerah, orange/merah bisa digunakan untuk menutupi mata panda/kantung mata, dan ada warna beige seperti concealer. Gunakan hanya di bagian2 yang bermasalah saja.

5. Contouring dan Highlighting

Berikutnya step Contouring dan Highlight. Sekarang banyak nih Ladies yang menggunakan tekhnik contouring yaitu tekhnik ber-makeup untuk menyiasati kekurangan pada bentuk wajah. Misalnya ingin pipi kelihatan lebih tirus, ingin hidung kelihatan lebih mancung, ingin rahang seperti artis2 korea (v shape) dll. Contouring dan Highlight adalah cara mudah mendapatkannya tanpa perlu operasi yang menyakitkan

6. Powder

Nah berikutnya yang tak kalah penting adalah bedak. Setelah step 1-5 selesai, kunci makeup kamu dengan setting powder. Pilihannya bisa dengan bedak tabur atau bedak padat. Untuk kulit yang berminyak lebih disarankan menggunakan bedak tabur. Karena lebih mengunci minyak diwajah. Baru setelahnya bleh ditambahkan bedak padat lagi

7. Eyebrow, Eyeshadow, Eyeliner, Mascara

Mata adalah jendela jiwa. Karenanya makeup mata itu penting. Buat makeup sehari2 gunakanlah eyeshadow berwarna lembut atau berwarna tanah. Untuk acara2 formal kamu bisa bermain2 dengan warna2 yang lebih bold dan bulu mata palsu.  Sesuaikan makeup kamu dengan acara dan tempat.
Sedikit tips buat kamu yang punya masalah alis yang tidak bertahan lama, pakailah alis sebelum memakai powder.

8. Blush On

Pipi yang merona akan menambah kesegaran pada penampilan kamu. Gunakan perona pipi di tulang pipi kamu. Kamu juga bisa menggunakan bronzer sebagai pilihan. Bila kamu menggunakan blush-on berbentuk cream/gel, lebih baik gunakan sebelum memakai powder.

9. Lipstick

yang terakhir tapi tak kalah penting adalah lipstick. Jangan lupa menggunakan pelembab bibir sebelumnya, terutama bila bibir kamu kering. Kamu bisa menggunakan lip liner sebelum mengoleskan lipstick bila diperlukan. Sesuaikan juga warna lipstick kamu dengan riasan mata dan pipi. Kamu bisa menggunakan lipgloss setelahnya.

Nah, itu step2 nya. Sekali lagi tidak ada aturan baku dalam ber-makeup. Aku sendiri lebih sering hanya menggunakan pelembab, bedak tabur, alis, mascara lalu lipstick atau lipbalm berwarna untuk sehari hari. Alas bedak aku pakai kalo ada acara2 tertentu. Full step hanya kalo lagi mood saja ^^
Semoga artikel ini bisa membantu. Jangan lupa selalu mengecek kadaluarsa produk2 makeup kamu ya Ladies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar